Monday, May 21, 2012

Football has never been this awe-some.

musim 2012/2013 baru saja selesai pertengahan bulan ini. dan wow, musim ini sama sekali bukan musim yang biasa di liga-liga top nun di eropa sana. bahkan kayaknya, selama bertahun-tahun menjadi seseorang yang benar-benar jatuh cinta sama sepakbola, musim inilah musim yang  paling membuat saya terkesan.


saya akan membawa kalian berjalan-jalan ke beberapa negara di Eropa *wooshh* yang terkenal dengan liganya: Spanyol, Italia, dan Inggris dan melihat bagaimana musim ini menjadi musim yang sangat luar biasa untuk disimak dan menjadi suatu pertanda bahwa standar sepakbola telah naik ke tingkatan yang baru. man, football has never been this awesome before!


untuk mengawali mari kita pergi negara dengan sepakbola yang katanya paling indah saat ini, Spanyol:


Apabila berbicara tentang liga spanyol, mayoritas akan memiliki tendensi yang besar untuk memikirkan suatu klub: Barcelona! Surely, Barcelona itu bukan tim biasa. mereka itu tim yang datangnya dari luar bumi -____-". dengan permainan tiki-takanya (yang memang sangat indah), Barcelona dengan sukses memanjakan mata penggemar sepakbola di seluruh dunia. ditambah lagi keberadaan "dewa sepakbola"--ya, siapa lagi kalau bukan Lionel Messi--Barcelona semakin eksis sebagai klub yang digadang-gadang sebagai yang terbaik, di dunia, sepanjang sejarah.
siapa engga kenal muka ini
tidak heran, Barcelona memiliki sederetan pemain terbaik untuk mengisi posisinya dari bawah gawang sampai ujung tombak. bahkan kata orang, era Barcelona akan abadi, karena adanya La Masia--akademi yang menelurkan pemain-pemain sekaliber Messi, Xavi, Iniesta, Puyol, Fabregas, dan masih banyak lagi--nama-nama yang menjadi tonggak sepakbola modern. dan keadaannya, musim lalu adalah musim yang sangat luar biasa untuk tim ini, semakin membuat dunia terbuka matanya tentang betapa rezim Barcelona akan dimulai saat ini dan seterusnya.


the mighty FCB
tapi cukup deh soal Barcelona. dari daratan Catalunya, sekarang kita berpindah ke ibukota Spanyol, Madrid! kota yang sangat sexy ini adalah rumah bagi tim dengan pemain-pemain yang kebintangannya sudah tak terbantahkan lagi-- Real Madrid. mereka adalah seteru abadi FC Barcelona yang sejak tadi kita perbincangkan. well, mereka adalah tim yang diakui FIFA sebagai tim terbaik di abad ke-20. betapa tidak, rekor 9 kali juara liga champions eropa adalah fakta yang sangat jelas. tim dengan segudang uang ini pernah menjadi ladang bagi nama-nama yang pernah semua orang dengar, seperti alfredo di stefano, raul lemos gonzales, zinedine zidane, dan david beckham misalnya. musim ini, mereka dnegan sukses menggeser Barcelona dari tahta juara di La Liga Spanyol. sebenarnya, ini adalah prestasi besar, karena pada akhirnya Barcelona terbukti tidak se-super itu. aktor kunci dari sukses ini adalah:
dua orang portugal ini.
pelatih jenius yang superdingin dan apatis ini, Jose Mourinho, adalah pria yang mengantarkan Real Madrid kembali ke tangga juara setelah beberapa musim dikuasai oleh musuh bebuyutan. dan pria kekar itu adalah Cristiano Ronaldo, model iklan rambut Clear.
pada akhirnya, persistensi dan sikap tidak kenal menyerahlah yang mengantarkan Madrid menjadi juara. pertanyaannya, apakah ini akan menjadi tanda berakhirnya suatu era?


sekarang kita berpindah sedikit ke negara mafia, Italia! tepatnya ke kota Turin, the home of the Old Lady:


setelah beberapa musim terjebak dalam sebuah rangkaian kejadian yang menyesakkan hati, akhirnya pada musim ini Juventus kembali menegaskan perannya sebagai klub top Italia. pada tahun 2006, La Vecchia Signora terbukti melakukan skandal pengaturan skor (Calciopoli) sehingga 2 gelar scudettonya harus dilucuti dan harus turun kasta ke seri B. ini seperti titik balik bagi Juventus, yang kemudian harus membentuk ulang skuad-nya karena ditinggal banyak pemain penting dan tentu harus menanggung malu selama 6 tahun.
"halo? ehmm.. ya. saya minta skor 3-0 untuk Juve malam ini. thanks."- Luciano Moggi, sang aktor utama.

tetapi, musim ini Juventus layak untuk berbangga hati karena pada akhirnya mereka kembali mendapatkan mahkota juara liga italia. betapa tidak, Juventus memiliki banyak faktor yang dibutuhkan sebuah tim untuk emnjadi juara musim ini. kolektivitas tim, kebijakan rotasi yang baik, serta konsistensi telah membawa Bianconeri untuk kembali merajai Seri A Italia. musim ini Juve tidak diperkuat banyak pemain bintang, tetapi banyak pengamat yang melihat itu sebagai sebuah keuntungan bagi mereka. kunci sukses lain yang sangat mempengaruhi sukses Juve adalah Antonio Conte, allenatore sekaligus legenda Juventus sendiri. musim ini dia banyak memberikan kejutan, seperti memilih untuk membangkucadangkan Alessandro Del Piero yang notabene adalah ikon Juventus dan bisa menjalankan skema rotasi dengan baik sehingga pemain-pemainnya dapat memberikan 110% kepada tim saat diturunkan. Conte mampu meraih respek dan kepercayaan dari tim yang dibesutnya, termasuk dari ikon dan mantan rekan setimnya dahulu-- Del Piero dan Gianluigi Buffon.
terlepas dari kontroversi apakah ini adalah gelar ke-28 atau gelar ke-30 Juventus, musim ini mereka tetap bisa berbangga hati karena mereka menjadi tim kedua setelah AC Milan 91/92 yang tidak pernah terkalahkan dalam satu musim.
"yeah"-Antonio Conte, 42
sekarang, kita beralih ke negara Monarki, Inggris:


Peta kekuatan di liga inggris musim ini sungguh sudah kacau. hegemoni The Big Four--MU, Chelsea, Arsenal, Liverpool-- sudah terganggu oleh banyaknya tim kuda hitam yang performanya di atas rata-rata.
"we had our nice time, gang."




musim ini tim tim seperti Tottenham Hotspurs, Newcastle United, dan yang sama sekali nggak boleh ketinggalan--Manchester City, dengan sukses merusak kemapanan empat klub di atas dan menjadi indikator bahwa peta kekuatan di Liga Inggris sudah cukup merata. adalah hal yang lumrah di EPL musim ini untuk melihat tim-tim besar ditahan atau bahkan dikalahkan oleh klub-klub medioker. ini membuat EPL musim ini sangat menarik untuk disaksikan karena begitu kompetitifnya liga. 

musim ini, nama Manchester City sangat pantas untuk menjadi highlight. "Tetangga yang berisik" ini kembali menjuarai kasta teratas Inggris untuk pertama kalinya sejak 44 tahun. 

start of an era or what?
The Citizens, yang selama ini lebih banyak berada di bawah bayang-bayang tetangganya, si setan merah Manchester United, dua musim terakhir ini menyembul ke permukaan setelah diambil oleh taipan minyak asal Qatar, Sheikh Mansour. City mempunyai pasokan dana yang tidak terbatas untuk membuat timnya bisa bersaing di kancah lokal dan Eropa. total 2 musim terakhir ini Manchester City menghabiskan sekitar 350 juta pounds hanya untuk transfer saja. City berhasil membajak pemain-pemain dengan nama besar sepert Tevez, Kompany, Clichy, Nasri, Silva, Dzeko, Aguero untuk kemudian pada akhirnya menuntaskan puasa gelar selama 4 dekade.

Perjalanan Manchester City musim ini pun sangat seru untuk disimak. memulai musim dengan meyakinkan, pad apekan-pekan terakhir jalan Manchester City ternyata sama sekali tidak semulus seharusnya. rival sekota yang dinakhodai Sir Alex Ferguson, sepertinya sangat tidak rela apabila yang harus melakukan karnaval keliling kota dengan mengangkat trofi adalah si biru muda. kedua tim ini secara bergantian menjadi pemuncak sementara klasemen liga inggris. ini yang seru: pada pekan terakhir (38), City akhirnya berada di atas MU hanya dengan selisih gol. sehingga, pertandingan terakhir di musim ini akan menentukan hasil akhir liga. di sunderland, MU menyelesaikan pertandingan dengan skor 1-0 untuk kemenangan United. di Etihad Stadium--kandang City, City masih tertinggal 1-2 dari QPR dengan sisa waktu 2 menit disaat MU telah menyelesaikan pertandingan dan sedang menunggu untuk melakukan selebrasi di tempat lain. tetapi, shazam, itulah sepakbola. tanpa diduga, tandukan Dzeko menjebol gawang QPR yang daritadi hanya bisa bertahan dari gempuran City. skor imbang dan pada akhirnya turning point lahir dari kaki pemain yang performanya luar biasa musim ini, Sergio Aguero. 3-2 untuk kemenangan City, sekaligus membuat pemain dan pendukung United diluar sana harus menelan ludah. suporter City merangsek ke dalam lapangan untuk merayakan sukses bersama pemain City. YOUR MIND=BLOWN. ini adalah kali pertama gelar juara liga inggris ditentukan melalui selisih gol. apalagi antara dua tim yang saling bertetanggaan.
"UJELLY?"
luar biasa.

sebagai bonus, ini juga engga bisa dilupakan. kita kembali ke Spanyol, untuk melihat persaingan dua insan terhebat dalam sepakbola modern, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Men of Records.

mereka berdua-- i dont know, apa iya masih perlu dijelaskan lagi. adalah suatu takdir untuk mereka menjadi 2 orang pemain yang mempunyai skill di tingkatan "luar biasa" yang sama, dan membela dua tim dengan rivalitas paling panas sepanjang sejarah. ini sedikit banyak mengingatkan saya tentang kisah captain tsubasa melawan natureza dengan latar belakang klub yang sama :3

Cristiano Ronaldo, adalah manusia termahal di dunia sepakbola dengan nilai transfer 80 juta pounds. dia memecahkan rekor pichici musim lalu dengan 40 gol dalam satu musim (!!!!!!) dan memecahkannya sendiri musim ini dengan menyarangkan 46 gol (!!!????). sedangkan Lionel Messi, yang selalu mengundang decak kagum orang karena liuk-liuknya di lapangan, musim lalu kalah dalam perburuan pichichi, tetapi musim ini berhasil menyarangkan 50 gol dalam satu musim! -______-". ini hanyalah satu contoh dari banyak rekor yang mereka pecahkan. dan prestasi mereka, satu sama lain, membuat seakan-akan rivalitas mereka tidak ada ujungnya. sesuai dengan keadaan barca dan madrid. mereka berdua adalah andalan sepakbola modern. tetapi rivalitas kedua orang ini, saya rasa di masa lalu belum ada yang bisa menyainginya. Football has never been this awe-some.

hal menarik untuk dicatat sebagai pengaruh besar bagi sepakbola musim ini bagi saya adalah: uang. bisa dilihat dari berapa banyak uang yang beredar dalam siklus bisnis dunia persepakbolaan internasional. beberapa musim terakhir ini banyak sekali terjadi takeover pada suatu klub. misalnya abramovich pada chelsea, sheikh mansour pada city, bahkan tim yang tidak jelas keberadaannya, Anzhi Makhachkala, mampu mendaratkan Samuel Eto'o dan menjadikannya sebagai pemain dengan penghasilan tertinggi di dunia. selain itu, harga pemain sekarang bisa dibilang tidak masuk akal. kasarannya begini. untuk pemain muda dengan prospek baik, 10-20 juta pounds. untuk pemain dengan usia diatas 21 dan dibawah 26 dengan skill yang menggiurkan, 20-30 juta pounds. sedangkan pemain usia 26-30 dengan pengalaman serta skill yang hebat--dan nama besar tentunya, bisa jadi diatas angka-angka itu. ini hanya generalisasi saja, tapi cukup memadai untuk dijadikan suatu contoh bagaimana dunia sepakbola bisa emnarik uang sebesar itu. 

tetapi pada akhirnya, persistensi, konsistensi, tekad, semangat, kolektivitas suatu tim adalah yang menentukan hasil akhir. apakah suatu tim akan berprestasi atau tidak, itu tidak hanya bergantung kepada besarnya duit yang mereka gelontorkan, tetapi itu kembali lagi kepada pertanyaan: "seberapa besar sih kalian ingin memenangi ini?"

tetapi, terlepas dari fakta tersebut, sepakbola modern benar-benar tidak seperti sepakbola jaman dahulu. banyak faktor yang mempengaruhi. saya tidak terlalu menyesal tidak bisa melihat penampilan legenda-legenda sepakbola jaman dulu seperti pele, maradona, beckenbauer, cruyff.. karena saya lebih beruntung lagi, bisa melihat aksi spektakuler ronaldo dan messi, sang maestro zinedine zidane, skill sekelas ronaldinho pada masa jayanya, sang fenomenon luiz ronaldo, dan masih banyak lagi. karena bagi saya, Football has never been this awe-some. cheers, Efratian Kristison. 













No comments:

Post a Comment